Senin, 13 Februari 2012

Modif Honda CS1

Kemarin temen saya sempat bingung gimana cara modifikasi motornya, yang kebetulan se-tipe dengan sepeda motor saya. Mau ga mau supaya terlihat sedikit lebih keren bareng, (yailah), saya pengen kasih sedikit masukan ke kalian gimana biar ga bingung mau bereksperimen dengan motor kalian terkhusus Honda CS1. Sebagai catatan, saya disini bukan modifikator kelas atas apalagi ekstrem, jadi modifikasi yang saya terapkan pada sepeda motor CS1 saya ini sesuai dengan selera saya sendiri, berdasarkan pengamatan sehari-hari melihat modifikasi motor-motor lain dengan tujuan untuk sedikit mengubah penampilan motor secukupnya aja dan ga sampai ngerubah desain motor yang sebenarnya. Motor saya adalah Honda CS1 warna silver dimana tampilan aslinya adalah kayak ini:



Nah, udah lumayan keren, kan sebenarnya? Tapi kenyataannya, banyak yang ga suka dengan salah satu sepeda motor produksi pabrikan Honda ini. Termasuk saya sebenarnya. Tapi ya namanya pemberian orang tua harus diterima dan digunakan sebaik-baiknya. Dan jangan lupa bersyukur ehe.

Buat saya menjadi sesuatu yang beda itu keren, begitu juga sebagai pengendara motor CS1 yang bisa dibilang jarang digunakan oleh orang lain atau jumlah peminatnya sedikit. Setelah diberi beberapa sentuhan secara bertahap, jadi lah motor CS1 saya jadi seperti ini :






Biasa aja sih, ya :p
















Memang ga terlalu banyak yang berubah kalau dilihat, karena saya memang ga mau modif yang terlalu ekstrem, soalnya siapa tau ada rezeki ganti motor, kan sayang uang buat modif-nya. Kecuali nantinya bakal dioper ke motor baru ehe. Langsung aja, ya, saya ceritain sedikit tahapan-tahapan buat modifikasi motor CS1 saya sehingga berbeda dari tampilan aslinya:
  • Dimulai dari kaki-kaki motor. Kalo mau pertahankan kesan yang sporty, sebaiknya pertahankan penggunaan velg atau ganti dengan velg yang lebih besar dan tentu saja disesuaikan dengan ukuran ban yang lebih besar juga agar kaki-kaki motor terkesan gagah dan padat. Saya sendiri mengganti velg dengan lingkar karena melihat bentuk CS1 yang menurut saya termasuk ramping dan meruncing di bagian belakang. Dengan mengganti velg ke lingkar, saya berasumsi motor akan terlihat lebih ramping dan juga lebih kinclong apalagi saat lingkar dan jari-jari terkena cahaya matahari.
  • Biasanya tahap pergantian ini agak banyak makan biaya sih, terutama karena saya masih ngumpulin dana dari uang jajan. Mulai dari pembelian lingkar (lingkar standar/asumsi harga 100k-120k per lingkar), tromol depan dan belakang (Supra X 125 DD/asumsi harga tromol 150k dan 260k), jari-jari dan stel lingkar. Pilih jari-jari sebaiknya yang chrome seperti merk TDR (asumsi harga 45k per set), walaupun lebih mahal tapi memuaskan juga bebas dari karat. Jangan lupa juga, sih, buat rajin ngebersihin motor setiap hari, minimal supaya kondisi kaki-kaki motor awet buat jangka panjang. 
  • Soal lingkar motor, banyak pilihan yang bisa dicoba. Vendor-vendor spareparts otomotif menyediakan aneka lingkar dengan warna dan design yang variatif seperti TK atau CRV, disesuaikan dengan selera aja. 





  • Saya melepas bagian cover stang dan melepas speedometer dan mengganti dengan aksesoris after market. Perlu diperhatikan bahwa hal ini jangan sampai mengganggu keamanan sepeda motor itu sendiri. Pastikan kalian memasang speedometer dan juga penunjuk bahan bakar. Karena hal semacam ini menjadi perhatian utama Polisi lalu lintas atas dasar kelengkapan sepeda motor. Lagian masa' iya, kita rela tiba-tiba mogok di jalan? ehe.
  • Tromol depan saya menggunakan tromol punya Ninja (asumsi harga 150k), atau lebih tepatnya model motor Ninja, bukan asli milik Ninja. Suka aja, kelihatan lebih berisi kaki-kakinya.
  • Piringan cakram belakang tetap standar, kalaupun ingin diganti, klop-nya dengan cakram modifikasi untuk Supra X 125DD (asumsi harga 100k-150k).




















  • Terakhir adalah pemilihan warna. Berhubung bisa dibilang CS1 memiliki stripping yang hanya sedikit, saya lebih memilih untuk membuat body motor polos dengan warna standar bawaan alias semua stripping dilepas. Dan jangan lupa perhatikan komposisi warna motor dengan aksesoris yang lain. 
Akhir kata, buat teman-teman sekalian, tetap yang paling diutamakan adalah sisi keamanan. Jangan sampai modifikasi malah mengganggu kenyamanan kita berkendara. Mohon maaf kalau sepanjang postingan ini terdapat kesalahan penyebutan istilah dsb, dan yang saya tulis disini hanyalah berdasarkan pengalaman pribadi saya. Selera disesuaikan dengan pribadi masing-masing karena saya hanya ingin berbagi dan semoga bisa sedikit memberi ide karena motor CS1 adalah salah satu motor yang unik terlepas dari segala kelebihan dan kekurangannya. 

By the way, aksesoris after market sepeda motor terus-terusan update, dan saya juga ga tau apakah selera modif di berbagai wilayah sama atau engga. Karena bisa jadi yang saya terapkan ini udah out of date alias jadul. Intinya adalah jangan terburu-buru, sesekali ajak teman buat berdiskusi atau minta pendapat karena ngobrolin motor itu seru. Buat kalian pengguna motor CS1, silahkan saling berbagi cerita, gimana sih rasanya jadi pengendara CS1? Apa alasan kalian jadi pengendara CS1? Share di kolom komentar, ya.

Terima Kasih sudah membaca! :)

28 komentar:

  1. Ajib..

    Simple..

    Itu cover spidometer dilepas atau ganti stang ya? Ada gambar2 yg lebih terang ga?

    BalasHapus
  2. Cover spidometer nya di lepas bro. Termasuk spidometer-nya di lepas dan di ganti kayak gambar di atas. Kalo gambar yang lebih jelas ga ada, soalnya udah ga pakai CS1 lagi :)

    BalasHapus
  3. cara memakai tromol belakang puxa cs1 tu gmn ya gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara memakai gimana maksud bro? itu saya pakai tromol punya Supra X 125.

      Hapus
  4. tromol belakangnya pakai tromol motor apa bro ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf bro baru bales, mungkin waktu saya bales ini bro udah ga pakai CS1 :)) saya pakai tromol Supra 125 DD (Double Disk). Harga sekitar 260 ribu yang asli.

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. bro,,klo mau ganti stang jepit,,merk apa yak??
    sekalian fairing..
    nyari buat modif cs1 susah jg yakk,,

    tolong solusinya bro,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, kalo soal itu saya kurang tau bro. sekarang juga udah ga pake CS1 lagi karena repot ngerawatnya. coba bro buka link ini http://tovavanjava.wordpress.com/2012/01/14/modif-honda-cs1keren-juga/

      saya rasa bisa membantu dan menginspirasi. lumayan bagus saya rasa :)

      Hapus
  7. mathap bro motor ama tips nya (y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha terima kasih, bro :) pake CS1 juga, ga?

      Hapus
  8. Mau beli ahhhhhh................................

    BalasHapus
  9. Bro,emang susah ya ngerawat cs1..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, bro. Maaf baru bales. Susah sih engga, cuma memang kebanyakan montir males tiap kali mau service. Repot buat buka body-nya. Ditambah lagi desain-nya yang memang menurut saya 'gagal'. Selain itu kapasitas mesin yang cuma 125 cc nanggung juga. Padahal 5 speed :)

      Hapus
  10. bro itu saklar lampu kiri sama kanan di ganti ya / tetap pakai saklar bawaan ?

    BalasHapus
  11. Bang mantap yakin.
    Ane juga lagi nyari tromol supra x 125 tuh,susah banget carinya,ane beli velg rossi buat fu eh pas mau di pasang gk cocok yg tromol depan nya bang yg ane bingung,susah nyari nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. masa' sih susah bro? tromol supra x 125 banyak kok dijual di toko spare part sepeda motor. kalau velg rossi, apalagi buat fu, ya jelas ga cocok bro hehe :)

      Hapus
  12. Ttomol depan bisa juga pakai supra x125 dd ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga harus supra x 125 DD kok bro kalau tromol depan. yang belakang sih pakai supra x 125 DD.

      Hapus
    2. Untuk tromol depan ninja langsung cocok apa harus di rubah lagi?

      Hapus
  13. Saklarnya pakai punya motor apa bro?
    Ribet gak gantinya?
    Saya baru beli cs1, kayaknya pnya mas mantap tu dijadikan referensi modifikasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga pake punya motor tertentu kok, bro. waktu itu beli yang after market. ribet sih engga, cuma kalau motor bro dalam kondisi baru, sayang aja dimodif begitu. Mending modif kaki-kakinya aja dulu. btw, kenapa milih CS1? Ga yang lebih fresh semisal Sonic? thank you udah mampir ya, bro :)

      Hapus
    2. Alasan paling utama krn keterbatasan dana sbenarnya, alasan suka fiturnya iya jg. Mahar cm 5jt tp udah dpt motor dgn pendingin radiator, speedo digital, tenaganya jg lumayan. Smpat ngetes sm vixion, hampir seimbang lah larinya wlaupun cc nya beda.
      Sy beli second, mmang rencana mau dimodif,dicincang2 jg gak kepikiran krn mmang udah direncanakan dri awal. Sngaja nyari yg murah biar sisa tabungan bsa dipakai utk modifikasi, yg pnting kondisi mesinnya masih joss n kelistrikan gak bermasalah.
      😀😀😀

      Oke bro sama2,trimaksih jg infonya. .

      Hapus
    3. oh begitu. CS1 diganti kaki-kaki aja udah keren kok, bro. atau ganti kenalpot mungkin? intinya sih motornya sehat dan stay safety berkendara :)

      Hapus
  14. Kalau tromol belakang pakek punya ni ja masuk jugak gk ya om?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah,kalau pakai Ninja saya kurang tau ya, bro. Paling aman ya pakai tromol belakang Supra X 125 DD.

      Hapus
  15. Itu pake lingkar ring 17 ya bro?

    BalasHapus